Struktur Bumi


Komposisi
Sekali waktu, miliaran tahun yang lalu, ada sejumlah besar atom mengambang di alam semesta. Perlahan-lahan orang-orang atom dan molekul datang bersama-sama dan membentuk apa yang kita sebut bumi. Sekarang Bumi adalah bola besar dari materi yang mengelilingi matahari setahun sekali. Ada apa di dalam planet? Sebagian besar bumi terdiri dari mantel dan inti.

lapisan luar bumi Aturan kepadatan tindakan bila berada di bumi dan materi yang datang bersama-sama. Aturan-aturan menjelaskan bagaimana zat berat bergerak ke arah tengah dan zat luka ringan di atas. Ini hanya seperti pasir tenggelam ke bawah gelas air.

The mantel
Para ilmuwan istirahat mantel menjadi dua bagian. Mereka memiliki mantel atas dan mantel bawah. Ada perbedaan yang sangat kecil antara dua lapisan. Mantel atas telah olivin (sebuah batu yang sangat istimewa), senyawa dengan silikon dioksida, dan substansi yang disebut Peridotit.

Mantel bagian bawah lebih padat daripada mantel atas. Ia memiliki banyak batu olivin, besi, magnesium, dan senyawa silikat banyak (yaitu yang dengan SiO2).

lapisan dalam bumi
Core
Jangan bingung dengan bagian selanjutnya. Tidak ada dua core. Seperti mantel, ilmuwan istirahat inti menjadi dua lapisan. Pertama adalah inti luar. Bayangkan ini lingkup besar dari besi cair (Fe), mengambang dan mengalir di sekitar inti. Ini benar-benar cair. Ini sangat panas dan di bawah banyak tekanan. Terutama penting adalah gagasan bahwa inti luar menciptakan medan magnet bumi. Ini adalah magnet besar di tengah planet ini.

Inti dalam berada di bawah tekanan bahkan lebih. Meskipun hanya sebagai panas sebagai inti luar, ada tekanan tinggi sedemikian rupa sehingga tetap solid. Ingat aturan-aturan tentang kerapatan? Yah yang paling padat, paling kompak, masalah terberat ditemukan dalam inti. Ini bukan murni besi seperti inti luar. Memiliki senyawa yang menggunakan unsur besi.


sumber : disini

3 komentar: