Bumi Kita


Tentang Bumi
Bumi Planet ketiga dari Matahari adalah rumah Anda. Bumi adalah planet hanya dikenal di mana kehidupan bisa bertahan hidup. Sejauh yang kita tahu, tidak ada planet lain di alam semesta seperti Bumi. Kami memiliki rentang suhu yang sangat sempit yang memungkinkan air tetap cair. Kehidupan telah berkembang selama jutaan tahun karena cairan itu. Apa lagi yang membuat kita istimewa? Kami memiliki atmosfer terdiri dari nitrogen, gas relatif inert. Jika kita memiliki awan asam sulfat atau metana, kehidupan mungkin tidak pernah dikembangkan.

Dalam Pelat
Ada juga daratan besar di planet kita. Batu piring yang mengapung di permukaan disebut lempeng tektonik. Piring-piring mengapung di mantel. mantel adalah daerah antara inti dan kerak bumi. mantel itu pada dasarnya penuh dengan batu cair. Hal ini disimpan dalam keadaan cair karena energi yang diberikan oleh para pusat (inti) dari Bumi. Para ilmuwan juga menemukan bahwa peningkatan tekanan saat Anda bergerak menuju pusat planet. Inti Bumi memiliki suhu ekstrim dan tekanan yang menjaga besi dan logam cair dan mengalir.


Cairan dalam inti
Logam mengalir di planet kita membantu menciptakan sesuatu yang disebut efek dinamo. Dinamo menciptakan medan magnet besar. Dalam kasus Bumi, medan magnet melindungi planet kita dari luar angkasa. Daerah perlindungan magnetik disebut magnetosfer dan melindungi kita dari angin matahari dan radiasi matahari. Anda dapat melihat ke mana angin matahari dan magnetosfer bertabrakan di aurora borealis.

refrensi : disini
gambar : disini

0 komentar: